Selasa, 09 November 2010

Flowchart Deret Fibonacci


Bilangan FIBONACCI adalah suatu deret bilangan bulat positif (integer) tak berhingga yang secara berurutan adalah didefinisikan sebagai berikut ini :
1 1 2 3 5 8 13 21 34 58 89 ... dst
Jika diamati deret bilangan FIBONACCI di atas, maka dapat dipahami bahwa nilai bilangan FIBONACCI suku ke-n dalam deret tersebut dapat dihitung dengan menjumlahkan dua bilangan terdekat pada urutan sebelumnya.
Secara umum nilai bilangan FIBONACCI suku-n dapat dihitung dengan menjumlahkan nilai-nilai bilangan FIBONACCI suku-(n-1) dan ke-(n-2). Dengan demikian, nilai-nilai bilangan FIBONACCI untuk n=1 dan n=2 merupakan nilai­nilai awal yang perlu ditetapkan sebelumnya. Nilai-nilai awal tersebut digunakan sebagai dasar untuk menghitung nilai-nilai bilangan FIBONACCI untuk suku-suku berikutnya, yaitu bernilai 1 (lihat deret FIBONACCI di atas).
Pencarian nilai suku bilangan FIBONACCI secara rekursi dapat dinotasikan sebagai berikut ini :
FIBONACCI(n)= n                                                       ; jika n=1 atau n=2
FIBONACCI(n)= FIBONACCI(n-1)+FIBONACCI(n-2)          ; jika n>2

  Flowchart prosedur untuk mencari nilai bilangan FIBONACCI suku ke-n secara rekursi :

Cara lain untuk menghitung nilai suku bilangan FIBONACCI adalah dengan menggunakan teknik iterasi. Dalam teknik iterasi nilai suku bilangan FIBONACCI dihitung dengan melaksanakan suatu proses perulangan yang memanfaatkan nilai bilangan FIBONACCI suku ke-1 sebagai dasar perhitungan untuk mencari nilai pada suku ke-2. Nilai pada suku ke-2 digunakan sebagai dasar mencari nilai suku ke-3. Nilai pada suku ke-3 digunakan sebagai dasar mencari nilai suku ke-4. Demikian seterusnya hingga nilai bilangan FIBONACCI pada suku ke-n yang dikehendaki ditemukan.   
Flowchart prosedur untuk mencari nilai bilangan FIBONACCI suku ke-n dengan teknik iterasi :


Di tulis oleh :   Samhan Aufar 18096368
                                 Agung Mulia Saputra 18091766  
                             Ahmad Irvan Hakim 18092053
        Mita Hikmawati
      Gina Marselina








Tidak ada komentar:

Posting Komentar